Wednesday, June 13, 2012

Membuat Lensa Kacamata dengan Tangan

Membuat Lensa Kacamata dengan Tangan

          Pada postingan kali ini, saya akan membahas mengenai pembuatan kacamata / lensa kacamata sederhana menggunakan tangan kita. Bagi kalian yang sekarang mungkin memiliki masalah penglihatan seperti tidak bisa melihat dengan jelas tulisan yang ada didepan papan tulis alias mata kalian agak minus namun tidak mau menggunakan kacamata minus (berlensa), mungkin postingan saya kali ini sedikit berguna untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

         Fenomena ketika orang tidak bisa melihat dengan jelas suatu tulisan jauh pada jarak tertentu dalam fisika disebut miopi atau rabun jauh. Ini dikarenakan kecembungan lensa tidak berada pada posisi cembung yang normal atau jika pada kasus miopi ini lensa mata lebih cembung daripada normalnya. Kita tahu bahwa lensa cembung bersifat mengumpulkan sinar. Ketika lensa ini lebih cembung, maka sinar bayangan benda yang melewati lensa mata lebih dikumpulkan dan jatuh di depan retina / tidak tepat parda retina mata. Sehingga bayangan benda yang di lihat mata menjadi tidak jelas. Ini mengapa orang yang memiliki masalah miopi / rabun jauh menggunakan bantuan kacamata berlensa cekung (minus). Lensa minus adalah lensa yang bersifat menghamburkan cahaya kebalikan dari mengumpulkan cahaya. Lensa mata miopi yang tadinya lebih mengumpulkan cahaya sehingga cahaya jatuh di depan retina terlebih dulu dihamburkan oleh lensa cekung pada kacamata sehingga bayangan benda akan tetap jatuh pada retina. Pertama dihamburkan oleh lensa lalu dikumpulkan, hasilnya akan normal. Berikut gambar – gambar ilustrasi yang membantu.
Gambar ilustrasi pembentukan bayangan benda pada mata miopi / rabun jauh. Bayangan jatuh di depan retina / tempat seharusnya

Gambar ilustrasi penghamburan sinar oleh lensa minus (negative) pada kacamata minus

             Namun bagaimana bila seseorang enggan untuk menggunakan kacamata berlensa ini. Saya memliki sedikit solusi dengan memanfaatkan sifat cahaya / sinar yang bisa dibelokkan atau biasa dikenal difraksi cahaya. Bila suatu cahaya melewati celah yang relative sempit, maka secara otomatis cahaya akan langsung berbelok menjauh dari arah normalnya. Jika kita lihat pada gambar ilustrasi di atas, oleh lensa kacamata, cahaya juga sebenarnnya dibelokkan menjauh dari normalnya (lihat garis cahayanya) dan kejadian / proses ini persis sama dengan apa yang disebut dengan difraksi pembelokkan cahaya pada celah sempit. Oleh karena itu, tanpa kacamata pun sebenarnya kita bisa membuat lensa tiruan yaitu suatu benda dengn celah kecil yang intinya nanti bisa membelokkan cahaya seperti apa yang dilakukan lensa cekung. Nah, benda itu sebenarnya ada di tangan kita. Coba ikuti langkah ini :
  1. Kamu boleh gunakan tangan kanan ataupun tangan kirimu
  2. Kepalkan tangan tersebut dan bentuk lubang kecil di tengahnya
  3. Usahakan lubang tersebut relative kecil
  4. Dekatkan lubang tersebut ke matamu jadi nantinya kamu melihat tulisan di papan tulis melalui lubang kecil itu
  5. Dengan melakukan ini, sama aja kamu seperti menggunakan lensa kacamata
  6. Kamu pun Insya Allah bisa melihat tulisan yang ada di papan lebih jelas
         Itulah cara untuk menggantikan lensa kacamata dengan tangan, kalian boleh mengantikan lubang kecil tersebut dengan lubang lainnya yang kalian bentuk sendiri dan usahakan dengan ukuran yang sekecil mungkin sampai kalian benar – benar bisa melihat tulisan yang tadinya kabur menjadi lebih jelas. Semakin kecil ukuran lubangnya, semakin jelas juga bayangan yang dihasilkan.

Sumber: http://raf1816phyboy.blogspot.com/search/label/Fisika%20%2F%20Physics

No comments:

Post a Comment